SILABUS
Nama Sekolah : SMAN Darmaraja
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Standar
Kompetensi: Mendengarkan
1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal
resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai Karakter
|
1.1
Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan
atau melakukan sesuatu, dan memerintah
|
·
Mengusulkan
Mis.:
A: Do you have any advice for me?
B: My advice is to be careful in doing
business with them.
· Memohon
Mis:
A: Tell me a story, brother George, please.
B: Okay.
·
Mengeluh
Mis.: I’m sorry to say this, but this room
is very dirty.
·
Membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Mis.:
A: Is there any chance they will meet and
marry?
B: There’s a good possibility.
·
Memerintah
Mis.:
Stop it, I tell you!
|
Tatap
Muka
· Mendengarkan percakapan
interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal
PT
· Mendiskusikan berbagai tindak
tutur yang digunakan dalam percakapan secara berpasangan
· Mendiskuksikan
respons yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar.
|
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur meminta
usulan
·
Merespons tindak tutur meminta usulan (mengusulkan)
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur memohon
·
Mengidentifikasi makna tindak tutur mengeluh
· Menrespons tindak tutur mengeluh
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
· Merespons tindak tutur membahas
kemungkinan atau melakukan sesuatu
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur memerintah
· Merespons tindak tutur
memerintah
|
Performance Assessment
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Kreatif
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi :Mendengarkan
1. Memahami makna dalam teks percakapan
transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
1.1 Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh,
mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
|
·
Mengakui kesalahan
Mis.:
I admit I was wrong.
·
Berjanji
Mis.:
A: Do you give me your word on that?
B: You have my word on it.
·
Menyalahkan
Mis.:
It was your fault.
·
Mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
Mis.:
I wonder who she is.
I wonder if I can fly to that cloud.
·
Menyatakan berbagai sikap
Mis.:
I really like an honest person.
I hate people who are always late.
|
1.Tatap Muka
· Mendengarkan percakapan
interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal
2. PT
· Mendiskusikan berbagai tindak
tutur yang digunakan dalam percakapan secara berpasangan
· Mendiskuksikan
respons yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar.
|
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengakui kesalahan
· Merespons tindak tutur mengakui
kesalahan
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur berjanji
· Merespons tindak tutur berjanji
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyalahkan
· Merespons tindak tutur
menyalahkan
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengungkapkan hasrat dan keingintahuan
· Merespons tindak tutur ungkapan
hasrat dan keingintahuan
· Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyatakan berbagai sikap
· Merespons tindak tutur
pernyataan berbagai sikap
|
Performance Assessment
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Kreatif
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi :Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation,
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
2.1 Merespons makna dalam teks
fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
· Teks lisan berbentuk narrative.
· Teks lisan berbentuk explanation.
· Teks lisan berbentuk discussion.
|
1.Tatap Muka
Mengidentifikasi beberapa teks secara
mandiri dan (atau) berkelompok
2.PT.
Mendengarkan teks melalui tape secara klasikal
Mendiskusikan isi dan dan bentuk bahasa yang
digunakan secara berkelompok
|
· Mengidentifikasi
topik dari teks
· Mengidentifikasi
informasi tertentu dalam teks
· Mengidentifikasi
tujuan dari teks
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam
teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan,
memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan
memerintah
|
1. Tatap Muka
Membuat respons yang tepat terhadap situasi
yang diberikan.
2. PT
Bermain peran secara berpasangan.
|
·
Menggunakan tindak tutur meminta usulan.
· Menggunakan tindak tutur
mengeluh
· Menggunakan tindak tutur
membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
· Menggunakan tindak tutur meminta
memerintah
|
Performance Assessment
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
3.2 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh,
mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
|
KMTT
· Membuat
respons yang tepat terhadap situasi yang diberikan.
· Bermain peran secara
berpasangan.
|
· Menggunakan tindak tutur
mengakui kesalahan
· Menggunakan tindak tutur
berjanji
· Menggunakan tindak tutur
menyalahkan
·
Menggunakan tindak tutur mengungkapkan hasrat dan
keingintahuan
·
Menggunakan tindak tutur pernyataan berbagai sikap
|
Performance Assessment
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation,
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
4.1 Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi
yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
KMTT
Menghasilkan teks dan
menyampaikan nya di depan kelas
|
· Menyampaikan teks secara lisan
· Menggunakan bahasa lisan
|
Performance
Assessment
Tugas
Quiz
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation,
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
4.1Mengungkapkan makna dalam
teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
explanation, dan discussion
|
TatapMuka
·
Membuat teks monolog dan menyampaikan nya kepada
teman.
·
Membuat teks monolog dan menyampaikan nya di depan
kelas.
|
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan narrative.
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan explanation.
·
Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan discussion.
|
Tugas
Quiz
Performance Assessment
|
4x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks fungsional
pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
5.1Merespons makna dalam teks fungsional
pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses
ilmu pengetahuan
|
· Teks berbentuk narrative.
· Teks berbentuk explanation.
· Teks berbentuk discussion.
|
PT
·
Mengidentifikasi beberapa teks secara mandiri atau
berkelompok.
KMTT
·
Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan
secara berkelompok.
|
·
Merespons wacana
· Mengidentifikasi topik (gagasan) dari
teks.
· Mengidentifikasi penggunaan bahasa dan
susunan teks.
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks fungsional
pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
5.2
Merespons makna dan langkah retorika dalam esai yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative,
explanation, dan discussion
|
· Teks tulis berbentuk narrative.
· Teks tulis berbentuk explanation.
· Teks tulis berbentuk discussion.
|
Tatap Muka
Membaca teks secara individu.
PT
Mendiskusikan berbagai
aspek dalam teks secara berpasangan.
KMTT
Mendiskusikan berbagai
aspek dalam teks secara berkelompok.
|
·
Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
·
Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
· Mengidentifikasi tujuan
penulisan teks.
·
Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
· Mengidentifikasi tokoh dalam
teks.
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks
tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
6.1Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
TM
Menulis teks dan
mempublikasikannya di kelas
|
·
Menggunakan
tata tulis dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Mengelaborasi gagasan utama
· Membuat draft
· Menghasilkan teks fungsional
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
5x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Standar
Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks
tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion
secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
Nilai PBKB
|
6.1Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation,
dan discussion
|
PT
· Membuat draft penulisan teks.
KMTT
· Mengumpulkan bahan yang
diperlukan untuk membuat tulisan
·
Melakukan penyuntingan terhadap tulisan teman.
·
Melakukan penyuntingan terhadap tulisan sendiri.
|
· Menulis teks
yang diacak ke dalam teks dengan generic structure yang tepat
·
Merespons wacana secara tepat
·
Menentukan tujuan penulisan teks
· Mengidentifikasi
bahasa yang digunakan dalam teks
· Melakukan
penyuntingan terhadap teks yang telah ditulis.
· Menghasilkan
tulisan berbentuk narrative
· Menghasilkan
tulisan berbentuk explanation
· Menghasilkan
tulisan berbentuk discussion
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
7x45 menit
|
Kaset/CD
Buku Look
Ahead 3
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN Darmaraja Darmaraj, Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
Drs.JEJE,M.Pd Atep Somantri,S.Pd
Nip.195804041981011003 Nip.197408242007011007
Komentar
Posting Komentar