SILABUS BAHASA INGGRIS KELAS XII


SILABUS

Nama Sekolah      : SMAN Darmaraja
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris 
Kelas/Semester    : XII/1
Tahun Pelajaran : 2012/2013

Standar Kompetensi: Mendengarkan

1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai Karakter
1.1     Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan memerintah

·   Mengusulkan
Mis.:
A: Do you have any advice for me?
B: My advice is to be careful in doing business with them.
·   Memohon
Mis:
A: Tell me a story, brother George, please.
B: Okay.
·   Mengeluh
Mis.: I’m sorry to say this, but this room is very dirty.
·   Membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Mis.:
A: Is there any chance they will meet and marry?
B: There’s a good possibility.
·   Memerintah
Mis.:
Stop it, I tell you!

Tatap Muka

·  Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal

PT
·  Mendiskusikan berbagai tindak tutur yang digunakan dalam percakapan secara berpasangan
·  Mendiskuksikan respons yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur meminta usulan
·   Merespons tindak tutur meminta usulan (mengusulkan)
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengeluh
·   Menrespons tindak tutur mengeluh
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
·   Merespons tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
·   Merespons tindak tutur memerintah

Performance Assessment

5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Kreatif
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu














Standar Kompetensi :Mendengarkan

1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
1.1   Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap

·   Mengakui kesalahan
Mis.:
I admit I was wrong.
·   Berjanji
Mis.:
A: Do you give me your word on that?
B: You have my word on it.
·   Menyalahkan
Mis.:
It was your fault.
·   Mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
Mis.:
I wonder who she is.
I wonder if I can fly to that cloud.
·   Menyatakan berbagai sikap
Mis.:
I really like an honest person.
I hate people who are always late.

1.Tatap Muka
·  Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal

2. PT
·  Mendiskusikan berbagai tindak tutur yang digunakan dalam percakapan secara berpasangan
·  Mendiskuksikan respons yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar.

·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan
·   Merespons tindak tutur mengakui kesalahan
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji
·   Merespons tindak tutur berjanji
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan
·   Merespons tindak tutur menyalahkan
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan hasrat dan keingintahuan
·   Merespons tindak tutur ungkapan hasrat dan keingintahuan
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan berbagai sikap
·   Merespons tindak tutur pernyataan berbagai sikap

Performance Assessment

5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Kreatif
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu




















Standar Kompetensi :Mendengarkan

2. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
2.1  Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

·   Teks lisan berbentuk narrative.
·   Teks lisan berbentuk explanation.
·   Teks lisan berbentuk discussion.

1.Tatap Muka

Mengidentifikasi beberapa teks secara mandiri dan (atau) berkelompok

2.PT.
Mendengarkan teks melalui tape secara klasikal

Mendiskusikan isi dan dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok

· Mengidentifikasi topik dari teks
· Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks
· Mengidentifikasi tujuan dari teks

Tugas
Quiz
Ulangan tertulis


5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu






Standar Kompetensi : Berbicara

3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, dan memerintah


1. Tatap Muka

Membuat respons yang tepat terhadap situasi yang diberikan.


2. PT
Bermain peran secara berpasangan.

·   Menggunakan tindak tutur meminta usulan.
·   Menggunakan tindak tutur mengeluh
·   Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
·   Menggunakan tindak tutur meminta memerintah

Performance Assessment

5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu



Standar Kompetensi : Berbicara

3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap

KMTT
·  Membuat respons yang tepat terhadap situasi yang diberikan.
·  Bermain peran secara berpasangan.

·   Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan
·   Menggunakan tindak tutur berjanji
·   Menggunakan tindak tutur menyalahkan
·   Menggunakan tindak tutur mengungkapkan hasrat dan keingintahuan
·   Menggunakan tindak tutur pernyataan berbagai sikap

Performance Assessment

5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
Standar Kompetensi : Berbicara

4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
4.1  Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


KMTT
Menghasilkan teks dan menyampaikan nya di depan kelas

·   Menyampaikan teks secara lisan
·   Menggunakan bahasa lisan

Performance Assessment
Tugas
Quiz

5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu












Standar Kompetensi : Berbicara

4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
4.1Mengungkapkan makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion


TatapMuka

·   Membuat teks monolog dan menyampaikan nya kepada teman.
·   Membuat teks monolog dan menyampaikan nya di depan kelas.

·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan narrative.
·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan explanation.
·   Melakukan monolog untuk menyampaikan wacana lisan discussion.


Tugas
Quiz
Performance Assessment

4x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu









Standar Kompetensi : Membaca

5. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
5.1Merespons makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

·   Teks berbentuk narrative.
·   Teks berbentuk explanation.
·   Teks berbentuk discussion.

PT
·   Mengidentifikasi beberapa teks secara mandiri atau berkelompok.

KMTT

·   Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok.

·  Merespons wacana
·  Mengidentifikasi topik (gagasan) dari teks.
·  Mengidentifikasi penggunaan bahasa dan susunan teks.

Tugas
Quiz
Ulangan tertulis


5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu









Standar Kompetensi : Membaca

5. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
5.2  Merespons makna dan langkah retorika dalam esai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, explanation, dan discussion

·   Teks tulis berbentuk narrative.
·   Teks tulis berbentuk explanation.
·   Teks tulis berbentuk discussion.

Tatap Muka

Membaca teks secara individu.

PT
Mendiskusikan berbagai aspek dalam teks secara berpasangan.

KMTT
Mendiskusikan berbagai aspek dalam teks secara berkelompok.

·   Mengidentifikasi makna kata dalam teks.
·   Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks.
·   Mengidentifikasi tujuan penulisan teks.
·   Mengidentifikasi urutan kejadian dalam teks.
·   Mengidentifikasi tokoh dalam teks.

Tugas
Quiz
Ulangan tertulis


5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu







Standar Kompetensi : Menulis

6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
6.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


TM

Menulis teks dan mempublikasikannya di kelas

·   Menggunakan tata tulis dengan akurat
·  Menulis gagasan utama
·  Mengelaborasi gagasan utama
·  Membuat draft
·  Menghasilkan teks fungsional

Tugas
Quiz
Ulangan tertulis


5x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu












Standar Kompetensi : Menulis

6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation, dan discussion secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (Menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
Nilai PBKB
6.1Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation, dan discussion


PT

·   Membuat draft penulisan teks.

KMTT
·   Mengumpulkan bahan yang diperlukan untuk membuat tulisan
·   Melakukan penyuntingan terhadap tulisan teman.
·   Melakukan penyuntingan terhadap tulisan sendiri.

·   Menulis teks yang diacak ke dalam teks dengan generic structure yang tepat
·   Merespons wacana secara tepat
·   Menentukan tujuan penulisan teks
·   Mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam teks
·   Melakukan penyuntingan terhadap teks yang telah ditulis.
·   Menghasilkan tulisan berbentuk narrative
·   Menghasilkan tulisan berbentuk explanation
·   Menghasilkan tulisan berbentuk discussion

Tugas
Quiz
Ulangan tertulis


7x45 menit

Kaset/CD

Buku Look Ahead 3

Religius
Jujur
Disiplin
Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN Darmaraja                                                 Darmaraj,  Juli 2012
                                                                                                            Guru Mata Pelajaran
 


Drs.JEJE,M.Pd                                                                                     Atep Somantri,S.Pd
Nip.195804041981011003                                                             Nip.197408242007011007                                                                                        

           




Komentar